SERBA-SERBI: Aneka Bubur Nusantara

Indonesia memiliki kuliner yang sangat beragam. Tiap daerah di Indonesia memiliki olahan khas, salah satunya bubur. Kita cari tahu bubur khas dari tiap daerah, yuk!



Tinutuan


Tinutuan atau bubur Manado adalah olahan bubur khas Sulawesi Utara. Bubur ini memiliki rasa manis yang segar karena terbuat dari beras yang dicampur labu kuning, singkong, jagung, bayam, kangkung, daun gedi, dan kemangi. Biasanya, tinutuan disajikan bersama ikan asin, suwiran ikan, serta sambal roa.



Bubur Manggul


Bubur manggul merupakan olahan bubur khas Maduru, Jawa Timur. Bubur yang memiliki tekstur amat lembut ini memiliki cita rasa gurih dari santan dan udang yang merupakan bahan utamanya. Bubur ini biasa dimakan saat sarapan dan disajikan dengan serundeng, bawang goreng, sambal udang, kerupuk, serta lalapan kemangi yang segar.



Ie Bu Peudah


Ie bu peudah adalah olahan bubur khas Aceh. Bubur yang rasanya gurih dan pedas ini dibuat dari beras yang dicampur 44 jenis rempah serta dedaunan hutan yang telah dikeringkan. Menariknya, ie bu peudah hanya dimasak saat Bulan Ramadhan. Bubur ini akan dimasak dalam belanga yang amat besar, lalu dibagikan kepada warga untuk berbuka puasa.



Bubur Ase


Bubur ase merupakan olahan bubur khas Betawi. Bubur ase memiliki rasa yang pekat dan manis. Sebab, bubur ini disajikan dengan siraman kuah semur daging dan asinan sayur. Bubur ini biasanya disajikan dengan berbagai hidangan pendamping yang rasanya gurih seperti ikan teri, kerupuk, dan kacang tanah goreng.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DONGENG : Rumah untuk di Relakan

Kau Juga Hebat, Sayang!

Dongeng : Dunia Manisan