4 Manfaat Memelihara Hewan

Memelihara hewan ternyata memiliki banyak manfaat untuk kita, lo! Apa sajakah manfaatnya?


Mengurangi Rasa Bosan
Menurut hasil penelitian, merawat hewan peliharaan bisa mengurangi rasa bosan, lo. Rasa bosan bisa membuat kita jenuh dan bahkan stres. Nah, merawat hewan peliharaan bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.
Saat kita bermain bersama hewan kesayangan, ternyata bisa mengurangi rasa cemas dan membuat pikiran menjadi lebih rileks. Itu karena meningkatnya beberapa hormon tubuh yang berfungsi menciptakan rasa senang, bahagia, dan tenang.

Melatih Sikap Tanggung Jawab
Merawat hewan peliharaan bisa melatih sikap tanggung jawab. Saat kita memelihara hewan peliharaan, tentu hewan itu butuh makan, minum, dan perawatan lainnya. Nah, kita akan menganggap hewan itu seperti anggota keluarga sendiri. Jadi, kita harus meluangkan waktu setiap hari untuk memberinya makan, membersihkan kandangnya, dan bermain-main dengannya. Selain itu, kita pun harus peka saat hewan peliharaan kita sedang lapar atau sakit. Kalau kita menelantarkannya, hewan itu bisa stres dan sakit.

Melatih Kesabaran
Memelihara hewan juga bisa melatih kesabaran kita. Sebab, kita harus rajin melatih hewan peliharaan kita dengan bahasa isyarat atau kode khusus. Melatih hewan tentu memerlukan waktu yang tidak sebentar dan butuh kesabaran.

Melatih Fungsi Otak
Memelihara hewan di rumah juga bisa melatih otak kita. Saat merawat hewan, kita terlatih untuk mengingat hal detail dan menyelesaikan masalah. Misalnya, kita terlatih mengecek kesehatan hewan dan memahami keinginan hewan. Kita juga terbiasa mengambil keputusan yang tepat demi kenyamanan dan kesehatan hewan kesayangan kita.
Kita juga terlatih bersikap peduli pada kehidupan. Orang yang memelihara hewan akan lebih mudah tersentuh hatinya jika melihat hal yang menyedihkan. Kita juga akan lebih menyadari bahwa semua makhluk hidup membutuhkan perhatian dan kasih sayang.


Sumber: Majalah Bobo Edisi 18 (6 Agustus 2020)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DONGENG : Rumah untuk di Relakan

Kau Juga Hebat, Sayang!

Dongeng : Dunia Manisan